(Humas UMK)- Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, dan juga relevan dengan kebutuhan zaman. Program ini memberikan kesempatan yang luas bagi mahasiswa untuk memperkaya pengetahuan dan kompetensinya, melalui kegiatan belajar yang tidak hanya terbatas pada ruang kelas, melainkan kegiatan belajar bisa dilakukan langsung di lapangan, seperti perkantoran, tempat-tempat pengabdian, dan riset. Masyarakat dan perguruan Tinggi wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk melakukannya. Program yang diprakarsai oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim ini juga merupakan perwujudan dari regulasi UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan  Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum.

Berkaitan dengan semangat tersebut maka pada hari ini, Sabtu (09/09/2023) Fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah menyelenggarakan acara Workshop Peninjauan Kurikulum Program Center of Exellence (CoE) MBKM Mandiri Program Studi Agrobisnis Perikanan dan Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah Kupang, yang dibuka secara resmi oleh  Wakil Rektor I Bidang Akademik serta Al Islam dan Kemuhammadiyaan Abdul Majid, S. Pi., M.M, Mewakili Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang. Acara tersebut diselenggarakan di Ruangan senat Universitas Muhmmadiyah Kupang.

Turut hadir pula, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama Ir. Syamsul Bahri, MM, Pemateri pada Workshop bapak Uslan,S.Pd., M.Si,Ph.D, Dekan Fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah Kupang Siti Halija.,S.Pi.,M.Si, Wakil Dekan Perikanan Universitas Muhammadiyah Kupang Chairul Pua Tingga.,S.Sos.,MM, Ketua Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Kumala Sari.,S.Pi,M.Si, Ketua Program Studi  Agrobisnis Perikanan Cahyaningtias.,S.Pi.,MM, dan Civitas Akademika Fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah kupang.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah Kupang Siti Halija.,S.Pi.,M.Si, menyatakan bahwa Tujuan kegiatan worshop ini adalah untuk menyamakan persepsi antara pelaksana pendidikan dan pengguna alumni, Melatih para dosen menyusun RPS, Output kegiatan yakni untuk menghasilkan dokumen kurikulum MBKM, Para dosen mampu membuat RPS,  dan beliau berharap dapat menghasilkan dokumen kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder, “paparnya”.

Pemateri pada Workshop hari ini yakni bapak Uslan,S.Pd., M.Si,Ph.D  yang baru 1(Satu ) bulan yang lalu menyelesaikan Studi Program Dokralnya di Malaysia. Setelah pemaparan materi, workshop ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.

Penulis : DN

Editor : K R

Join the Conversation

2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

totoagung totoagung2 cantiktoto amintoto restoslot4d slotgacor4d qdal88 https://motivasiagung.com/ https://antartidargentina.com/ https://whalebonestudios.com/ https://167.71.213.43/ https://167.71.204.61/ https://cadizguru.com/ https://157.245.54.109/ https://128.199.163.73/ https://hokkaido-project.com/ https://akb48nensensou.net/