Humas-UMK – Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK), Prof. Dr. Zainur Wula,S.Pd.,M.Si, melepas 10 (sepuluh) mahasiswa guna mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)  Tahun 2023.  Mahasiswa UMK akan belajar di luar PT ke berbagai daerah yang tersebar di seluruh Nusantara, yakni Sidoarjo, Malang, Yogyakarta, Jakarta, Lampung, Sorong, dan Aceh. Kegiatan pelepasan tersebut dilaksanakan di ruang Senat Universitas Muhammadiyah Kupang (Rabu, 06/09/2023).

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) sebagai salah satu kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Program ini berlandaskan pada Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Program PMM memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti perkuliahan selama 1 (satu) semester di Kampus Penerima.  Mahasiswa memilih mata kuliah di Program Studi untuk menambah pengetahuan dan keterampilan khusus sesuai yang diminati oleh mahasiswa.

Program PMM juga didesain dalam bentuk kegiatan Modul Nusantara. Mahasiswa melakukan studi tour mengenai sejarah, adat istiadat, kondisi sosial dan kebudayaan di daerah kampus tujuan.  Oleh karena itu, ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, serta memiliki pemahaman tentang kebinekaan dan toleransi. Mahasiswa akan memiliki pemahaman yang luas tentang keragaman budaya, adat istiadat, suku bangsa, bahasa dan berbagai potensi kekayaan sumber daya serta potensi lainya yang dimiliki oleh bangsa dan negara.

Dalam sambutannya Bapak Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang Prof. Dr. Zainur Wula,S.Pd.,M.Si, memberikan arahan bahwa kemampuan beradaptasi harus diperhatikan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) sebab ada kultur akademik dan aturan kampus yang diikuti. Dan jadikan kesempatan belajar di luar Kampus untuk menambah wawasan, pemahaman multikulturalisme dan keberagaman, menjalin relasi dan sikap toleransi dengan sesama anak bangsa, serta Mahasiswa harus tekun belajar dan penuh tanggung jawab dalam mengikuti PMM, dan menjaga sikap dan perilaku (attitude) yang baik. Hal tersebut menjadi bagian dari peran mahasiswa dalam menjaga marwah dan nama baik Almamater Universitas Muhammadiyah kupang selama mengikuti Program PMM.

Program PMM memberikan dampak signifikan bagi peningkatan mutu lulusan Universitas Muhammadiyah Kupang, sehingga menambah kompetensi lulusan yang kompetitif dan membuka kesempatan yang semakin luas untuk terserap di Dunia Usaha dan Industri.  Ini menjadi bagian dari pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi sesuai Standar Nasional (SN)-Dikti terkhusus Indikator Pengalaman Belajar (IPB) Mahasiswa di Luar Kampus.

Penulis     : DN

Editor       : K R

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

totoagung totoagung2 cantiktoto amintoto restoslot4d slotgacor4d qdal88 https://motivasiagung.com/ https://antartidargentina.com/ https://whalebonestudios.com/ https://167.71.213.43/ https://167.71.204.61/ https://cadizguru.com/ https://157.245.54.109/ https://128.199.163.73/ https://hokkaido-project.com/ https://akb48nensensou.net/