(Humas UMK)- Universitas Muhammadiyah Kupang kedatangan tamu istimewa yakni kunjungan dari Lembaga Pendidikan Jerman beserta rombongan dan perwakilan Duta Besar Italia beserta Pimpinan Lembaga Pendidikan di Kota Kupang, Dalam forum tersebut, banyak membahas mengenai masalah pendidikan di Indonesia khususnya di Universitas Muhammadiyah Kupang,  Kamis (17/08/2023). Acara ini berlangsung di Ruangan Senat Universitas Muhammadiyah Kupang.

Perbedaan sistem pendidikan dan kurikulum antara Jerman dan Indonesia menjadi bahan pembukaan. Pada diskusi tersebut diketahui bahwa di Jerman pendidikan lebih mengarah ke arah vokasi, sedangkan di Indonesia tidak. Di Jerman lulusan dapat langsung di rekrut oleh perusahaan yang telah bekerjasama, namun di Indonesia lembaga pendidikan yang bekerjasama dengan perusahaan sangat sedikit.

Letak permasalahan juga berada di materi yang didapatkan oleh mahasiswa cukup berbeda dengan dilapangan, hal itu diklaim membuat adanya gap antara perusahaan dan juga universitas. Harapannya dengan adanya pertemuan ini beberapa dosen dan mahasiswa dapat mengadopsi pola pembelajaran tentang vokasi di Jerman.

Perwakilan Kedutaan  khususnya Lembaga Pendidikan Jerman akan membantu Universitas Muhammadiyah Kupang  jika membutuhkan bantuan terkait dengan pendidikan tersendiri, “Tutur Doddy Primada K Globl Kataliyst c.V” selaku perwakilan dari Lembaga Pendidikan di Jerman. Bantuan lainnya juga berupa terbukanya peluang lebih besar terhadap pengiriman mahasiswa maupun dosen ke jerman untuk pelatihan maupun beasiswa.

Acara hari ini merupakan Kunjungan pertama kali dan Acara diawali dengan sambutan dari Rektor Universitas Muhmmadiyah Kupang Prof. Dr. Zainur Wula,S.Pd.,M.Si, dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa ini merupakan Anugera dan berkahnya Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke- 78  dan hadiah terindah dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa untuk Universitas Muhammadiyah Kupang dan Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan Lemabaga Pendidikan  Jerman dan rombongannya serta Perwakilan Duta Besar Italia. dan juga pak Semi Dulo Kepala SMKN 4 Kupan, yang telah mengantarkan mereka ke Universitas muhammdiyah Kupang.

Dari kiri Romeo Seinaga, Prof. Dr. Zainur Wula,M.Si dan Doddy Primada

Turut hadir pada kesempatan itu Wakil Rektor I Bidang Akademik serta Al Islam dan Kemuhammadiyaan Abdul Majid, S. Pi., M.M, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Baco Tang, S. Sos., M. Si, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama Ir. Syamsul Bahri, MM, Dekan Fakultas Agama Islam Marwan Gozali, S. Ag, M,Ag, Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurdiyah Lestari,M.Pd, Dekan Fakultas Perikanan Siti Halija, S. Si., M. Si, Dekan Fakultas Hukum Dr. Siti Syahida Nurani, SH., M.Hum, Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Syarifudin,MM, Dekan Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Syarifuddin Darajat, M.Hum, Ka. BAAKPSI Wahid Hasyim Trabeni, S.Sos., M.Si, dan Ketua LPPPM Drs. Arifin Djenawa, M.Pd.

Selanjutnya turut hadir juga rombongan dari Perwakilan Duta Besar Jerman yakni Doddy Primada K Global Kataliyst c.V, Susan Katalis ys c.V, Limpat Miarso TKF, Trisca Indra Irwan Kacab. Prime Kupang dan Perwakilan Duta Besar Italia Romeo Seinaga (Uni. Italia), dan Pak Semi Dulo Kepala SMKN 4 Kupang.

Penulis    : DN

Editor      : K R

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

totoagung totoagung2 cantiktoto amintoto restoslot4d slotgacor4d qdal88 https://motivasiagung.com/ https://antartidargentina.com/ https://whalebonestudios.com/ https://167.71.213.43/ https://167.71.204.61/ https://cadizguru.com/ https://157.245.54.109/ https://128.199.163.73/ https://hokkaido-project.com/ https://akb48nensensou.net/