Menkominfo: Saya Tidak Pernah Memaksa Unicorn Menjadi Decacorn

Awal tahun ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan dirinya berharap akan muncul decacorn di kalender 2019.

Untuk diketahui, decacorn adalah istilah bagi startup dengan valuasi lebih dari USD 10 miliar.

Harapannya itu pun tampak semakin mendekati kenyataan setelah dirinya menyebut ada dua startup yang ia nilai berpotensi menjadi decacorn. Ia mengatakannya saat menghadiri acara ulang tahun Bukalapak ke-9 bulan lalu.
Namun siapa sangka, harapan Rudiantara ternyata melampaui ekspektasinya dalam membuat proyeksi perkembangan startup di Indonesia empat tahun lalu.

Ya, pada 2015 silam, ia sempat memprediksi bagaimana kiprah para perusahaan rintisan asal Tanah Air.

“Tahun 2015, saya dengan unicorn-unicorn yang sekarang ini pergi ke Silicon Valley, ada investor-investor besar di dunia (di sana). Itu tanya di Indonesia ada berapa unicorn? Kita saling bengong satu sama lain. Kita juga mungkin baru denger unicorn saat itu,” ujarnya saat ditemui dalam sebuah forum di kantor Kemenkominfo.

Unicorn sendiri adalah istilah untuk perusahaan rintisan startup yang valuasinya telah mencapai lebih dari USD 1 miliar.

“Tapi kita yakin mengatakan bahwa 2019 Insya Allah ada lima (unicorn). Alhamdulillah sekarang sudah ada empat. Jadi tinggal satu lagi targetnya di 2019,” katanya menambahkan.

Sebagai penegasan, pria yang kerap disapa Chief RA ini melanjutkan bahwa dirinya tidak pernah mengatakan akan ada dua decacorn di Indonesia.
Yang ia katakan adalah, ada dua unicorn yang berpotensi menjadi decacorn itu bonus dari capaian lima unicorn tersebut.

Lebih lanjut, ia juga tidak bisa memaksakan para startup untuk menjadi decacorn. Pasalnya, semua tergantung dari pihak masing-masing, karena mereka sendiri yang menjalani bisnisnya.

Selain berharap adanya decacorn sebentar lagi, Rudiantara juga tidak menutup kemungkinan suatu saat Indonesia bisa memimpikan kelahiran hectocorn asli Indonesia, yakni startup dengan valuasi lebih dari USD 100 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KEHIDUPAN MULTIKULTURALISME DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG

Universitas muhammadiyah kupang sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di nusa tenggara timur, ...