KEHIDUPAN MULTIKULTURALISME DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG

Universitas muhammadiyah kupang sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di nusa tenggara timur, yang berlokasi di Jln KH Ahmad Dahlan No 17 kota Kupang NTT, didirikan sejak tahun 1987 dalam usianya yang ke-27 tahun telah menghasilkan output sejumlah 12.475 dan alumni nya telah di seluruh instansi swasta maupun pemerintah. Dilihat dari penampilan fisik universitas muhammadiyah kupang sedang berbenah diri dengan membangun gedung-gedung baru yang repsentatif. Dari sisi kualitas Universitas Muhammmadiyah Kupang menduduki urutan ke-2 Perguruan Tinggi Sewasta (PTS) Senusa Tenggara Timur, hal ini berdasarkan penilain akreditasi dari KOPERTIS wilayah VIII.
Universitas Muhammadiyah Kupang Memiliki VI Fakultas Dan XVI Program Studi. Ada pun Fakultas dan Program Studi sebagai berikut: I. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) memiliki V Program Studi, diantanya adalah: Pendidikan Biologi, Pendidkan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia Dan Pendidikan Sosiologi. II. Fakultas Agama Islam (FAI) memiliki II Program Studi di antara nya adalah: Program Studi Pendidkan Agama Islam dan Program Studi Ahwal Al-Syakhsyiyah. III. Fakultas Ekonomi (FE) yaitu memiliki II Program Studi, Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi. IV Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) terdiri dari IV Program Studi yaitu: Ilmu Kesejahteraan Sosial, Antropologi, Ilmu Politik dan Sosiologi. V. Fakultas Perikanan (FP) memiliki II Program Studi di antaranya yaitu Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), dan Agrobisnis Perikanan (AGP). VI Fakultas Hukum (FH), terdiri dari I Program Studi yaitu Ilmu Hukum.
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah tiap tahunnya mengalami peningkatan, hingga total secara keseluruhan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kupang sebanyak 4.270 jiwa. Dari total keseluruhan total Mahasiswa tiap-tiap Fakultas dan Program studi, persentase terbesar Mahasiswa Universtas Muhammadiyah Kupang adalah 70% Mahasiswa Non-Muslim ini menunjukan bahwa Kampus Universitas Muhammadiyah Kupang adalah Kampus pluralis dalam kegiatan belajar mengajarnya
Hal diatas menunjukan, bahwa Kampus Universitas Muhammadiyah Kupang dapat beradap tasi dengan berbagai kergaman suku bangsa dan agama, tidak ada yang salah ketika agama dan budaya disandingkan, karena Universitas Muhammadiyah Kupang merupakan kampus yang berbudaya, kampus yang menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif dan cerdas secara spiritual, intelektual, emosional serta berwawasan multicultural.
Fasilitas yang disediakan oleh universitas muhammadiyah kupang demi memperlancar civitas akademik kampus, universitas muhammadiyah kupang menyediakan staff pengajar berkualitasi S-2 Staff pengajar berkualitas S-3, dari segi kebutuhan fisik universitas muhammadiyah kupang memiliki bebrapa infrastruktur penunjang perkuliahan, di antaranya Perpustakaan, Lab Biologi, Lab, Perikanan, Lab Bahasa, Dan Lab Komputer, tidak hanya disitu saja Universitas Muhammadiyah Kupang juga menunjang fasilitas hotspot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

9 Rekomendasi Tanwir Muhammadiyah di Bengkulu

Muhammadiyah telah menggelar Sidang Tanwir 2019 di Bengkulu. Ada 9 rekomendasi yang dihasilkan. Apa saja? ...